Mengenal Kelapa Sawit

Mengenal Kelapa Sawit

Mengenal Kealapa Sawit
Kelapa sawit  (Elaeis guineensis Jacq) merupakan tanaman industry penghasil minyak masak, minyak industri dan bahan bakar (biodiesel). Selain itu kelapa sawit merupakan bahan baku untuk industri sabun, industri lili, industri pembuatan lembaran-lembaran timah dan industri kosmetik.
Usaha perkebunan sawit merupakan potensi bisnis perkebunan yang sangat menguntungkan. Kelapa sawit sangat bermanfaat mulai dari industri makanan hingga industri kimia, diantaranya intdustri mentega, shortening, cokelat, bahan aditif, es krim, pakan ternak, minyak goreng, produk obat-obatan dan kosmetik.

Botani Kelapa Sawit
Tanaman kelapa sawit termasuk ke dalam palmae, subkelas monocotyledonase. Beberapa varietas unggul kelapa sawit yang umumnya banyak di tanam di antaranya dura, pisifera dan tanera.
Gambar sawit:

Kriteria
       Dura
     Tanera
   Pisifera
Ketebalan cangkang (mm)
           2-5mm
     Tidak ada
      1-2,5 mm
Persentase cangkang (buah)
           20-50%
          N.A.
        3-20%
Persentase mesokrap (daging buah)
           20-65%
        90-92%
       60-90%
Persentase inti buah
            4-20%
          3-8%
         3-15%
Kadar minyak
          Rendah
        Tinggi
       Sedang
Tabel Karakteristik Kelapa sawit varietas dura, tanera dan pisifera

Morfologi Kelapa Sawit
·        Akar
Tanaman kelapa sawittermasuk kedalam tanaman berbiji satu (monokotil) yang memiliki akar serabut yang memiliki akar primer denga diameter 5-10 mm, akar sekunder 2-4 mm, akar tersier 1-2 mm dan akar kuatener 0,1-0,3 mm. akar tersier dan kuatener yang paling aktif menyerap air dan unsure hara.
·        Batang
Tanaman kelapa sawit memiliki batang yang lurus, melawan arah gravitasi bumi. Tinggi batang bertambah sekitar 45cm/tahun sampai dengan 100cm/tahun. Pada saat tanaman berumur 25 tahun, tiggi batang kelapa sawit dapat mencapai 13-18 meter.

·        Daun
Daun merupakan pusat produksi energi dan bahan makanan bagi tanaman. Daun ini terdiri dari kumpulan anak daun (leaflet) yang memiliki tulang anak daun (midrib) dengan helai anak daun (lamina). Sementara itu, tangkai daun (rachis) yang berfungsi sebagai tempat anak daun melekat akan semakin membesar dan menjadi pelepah.

·        Bunga
Tanaman kelapa sawit mulai berbunga pada umur 2,5 tahun, tetapi umumnya bunga tersebut gugur pada fase awal pertumbuhan generatifnya. Tanaman kelapa sawit termasuk tanaman monoecius. Karena itu, bunga jantan dan bunga betina terletak pada satu pohon.

·        Buah
Buah kelapa sawit digolongkan sebagai buah drupe. Susunan buah kelapa sawit yaitu pericarp (daging buah) yang terbungkus oleh exocarp (kulit), mesocrap dan endocarp (cangkang) yang membungkus 1-4 inti atau kernel.

·        Biji
Biji kelapa sawit memiliki ukuran da bobot yang berbeda untuk setiap jenisnya. Kelapa sawit dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:
1.     Dura (D) memiliki cangkang tebal (3-5mm) daging buah tipis dan rendamen minyak 15-17%.
2.     Tenera (T) memiliki cangkang agak tipis (2-3mm) daging buah tebal dan rendemen minyak 21-23%.
3.     Pisifera (P) memiliki cangkang sangat tipis, daging buah tebal, biji kecil dan rendemen minyak 23-25%.





No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top