Sifat dan Ciri Tanah Gambut

Sifat dan Ciri Tanah Gambut


Sifat dan Ciri Fisik

Berbagai sifat fisik tanah gambut saling berhubungan dan saling berpengaruh. Urain tentang sifat astau cirri fisik tanah gambut ini dapat di hubungkan dengan sifat kimia dan kesuburan tanah. Informasi mengenai sifat fisik tanah gambut sangat berguna dalam menentukan strategi pengenmbangan lahan untuk budi daya. Beberapa sifat fisik yang penting dari tanah gambut diantaranya ketebalan gambut, lapisan bawah, penurunan muka tanah, kelengasan tanah, kerapatan lindak, saya antara hidrolik dan kering tak balik.

Ketebalan Gambut
Ketebalan gambut di suatu daerah cukup beragam. Umumnya, kawasan gambut membentuk kubah sehingga mendekati tepi atau pinggir (sungai), ketebalan gambut smekin tipis. Ketebalan gambut di sumatera dapat mencapai 16 meter. Selain sumatera, gambut setebal juga ditemukan di Kalimantan Tengah (aliran sungai Mentangai).(Muhammad Noor, 2001).

Lapisan Bawah
Lapisan bawah gambut dapat berupa lapisan lempung marina tau pasir. Gambut yang terhampar di atas pasir memiliki tingkatan kesuburan lebih rendah dibandingkan dengan gambut yang berada di atas lapisan lempung marin. Lapisan lempung marin umumnya mengandung pirit (FeS2). Karena itu, jika lapisan atas gambut ini terkuras habis akibatnya budi daya yang insentif atau terbakar, akan terbentuk tanah sulfat masam.

Penurunan Muka Tanah
Penurunan muka tanah atau ambles (subsidence) yang terjadi di lahan gambut sangat tergantung pada intensitas kegiatan budi daya dan pengasutan. Besar kecilnya amblesan di pengaruhi oleh tingkat kematangan gambut, umur, reklamasi dan ketebalan lapisan gambut. Misalnya, gambut di Baranbai (Provinsi Kalimantan Selatan) selama tiga tahun (1974-1997) mengalami amblesan rata-rata 16 cm dan gambut di Delta Upang (Provinsi Sumatera Selatan) mengalami amblesan 6,5-66,5 cm.

Kadar Lengas Tanah
Kadar lengas tanah (peat moisture) ditentukan oleh kemantangan gambut. Kadar lengas tanah gambut lebih besar di bandingkan dengan tanah mineral. Kadar lengas gambut yang belum mengalami perombakan sekitar 500% - 1.000%dari bobot. Kemampuan menyerap (obsorbing) dan memegang (reataining) air dari gambut pada tingkat kematangannya.

Kerapatan Lindak
Kerapatan lindak (bulk density) tanah gambut relatif sangat rendah dibandingkan dengan jenis tanah mineralnya lainnya. Kecepatan lindak tanah tanah gambut beragam antara 0,01-0,20cc, tergantung pada kematanagan bahan organik penyusunnya.









No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top